Subscribe me

Monday, December 17, 2012

CANDI IJO

Candi Ijo ini merupakan Candi yang terletak di daratan paling tinggi di Sleman Yogyakarta. Letak Candi Ijo ini tidak jauh dari candi bersejarah yang lainnya, yaitu 7km arah tenggara Candi Prambanan. Candi Ijo ini berada di ketinggian, karena inilah bangunan candi ini sangat mudah berlumut di karenakan suhu di daerah Candi Ijo sangat lembab, dan karena keadaan inilah Candi ini disebut dengan sebutan Candi Ijo.


Candi Ijo ini bukanlah candi yang merupakan candi yang berwarna Hijau ( Ijo ) namun karena letaknya di daerah yang tinggi dan berada di suhu yang lembab dan mudah berlumut, sehingga sering disebut dengan Candi Ijo ( ijo/ hijau, diambil dari warna lumut yang tumbuh di bangunan candi )


Candi Ijo dibangun pada awal abad ke- 9. Letak Candi Ijo ini tidak jauh dari selatan Kompleks Keraton Ratu Boko, dan letak ketinggian Candi Ijo ini di 110 Meter di atas permukaan air laut.


Ketika kita sampai ke Candi Ijo, kita mendapati panorama yang sangat alami, yaitu di sekelilingnya di penuhi dengan hijaunya pepohonan dan juga indahnya perbukitan Seribu, yang menawarkan pemandangan yang sangat indah dan alami di sekitaran candi. Dan letak Candi Ijo ini berada satu garis lurus dengan Landasan Pacu Bandara Adisucipto, dapat terlihat jelas gerak pesawat ketika naik ataupun turun dari Candi ijo ini, sangat menarik dan mengagumkan. 

No comments:

Post a Comment