Subscribe me

Wednesday, May 30, 2012

MUSEUM GUNUNGAPI MERAPI

Museum ini terletak di Dusun Banteng Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta, Di kilometer 22.5, terletak di sekitaran area wisata kaliurang.
Museum ini mulai dibangun tahun 2005 dan diresmikan sekitar ahir tahun 2009. memasuki tahun 2010, museum ini mulai dibuka untuk umum.





Filosofi pembangunan museum ini sangat menarik sekali karena adopsi pembangunan museum melalui berbagai macam segi, diantaranya dengan bentuk museum yang mengerucut, diambil dari bentuk merapi yang menjulang tinggi, kemudian tangga memasuki museum dengan nuansa alam batu candi yang diambil dari batuan candi yang berada di daerah museum ini dan juga merupakan tempat wisata dan juga bangunan megah yang berbentuk unik diambil dari bentuk susunan tugu yogyakarta dan mungkin masih banyak lagi filosofi yang terkandung dalam pembangunan museum ini.
Sangat mendidik sekali ketika kita memasuki museum ini. Ketika kita berada didalamnya, kita mendapatkan tentang pengetahuan gunung api secara menyeluruh, tempat- tempat gunung api yang dikemas dalam peta gunung api, penjelasan tentang jenis- jenis batuan dari beberapa gunung api di indonesia, tata cara pemantauan gunung api, dan masih banyak lagi yang bisa kita pelajari ketika kita berada di museum ini.
Museum Gunungapi Merapi dibagi menjadi 2 lantai yang disediakan untuk pengunjung. Lantai 1 berisikan tentang berbagai materi dan penjelasannya, semua mengulas tentang gunung api, dimulai dari proses terbentuknya gunung api, type letusan gunung api, macam- macam batuan dari beberapa gununga api dan peralatan pemantauan gunung api. secara umum museum ini memberikan penjelasan tentang gunung api, dan secara khusus museum tersebut lebih mengulas informasi tentang gunung Merapi yang terletak sekitar 10km dari museum tersebut. sedangkan di lantai 2 lebih banyak kita diberikan gambar- gambar gunung merapi dari berbagai arah, baik ketika erupsi ataupun ketika keadaan normal dari tahun 1920 sampai 2012, juga terdapat alat peraga sunami dan peraga simulasi gempa. selain itu terdapat beberapa LCD yang menayangkan view mwrapi secara langsung, catatan kegempaan ataupun kegiatan gunung merapi, dan status merapi saat itu secara langsung dan up date.selain itu lantai 2 masih memiliki ruangan theater yang menayangkan tentang proses terjadinya gunung merapi dan dampak erupsi yang ditimbulkannya. sangat mendidik sekali.


ketika kita masuk, kita akan melihat icon museum merapi ini, yaitu replika gunung merapi yang dilengkapi dengan peralatan canggih yang dapat menampilkan beberapa contoh erupsi merapi, sehingga pengunjung bisa memahami tentang karakteristik dan bagaimanakah aliran erupsi itu terjadi


museum ini buka jam 09.00 - 15.30 WIB. harga tiket masuk museum ini Rp 3000,- untuk melihat- lihat koleksi dan biaya tambahan Rp 5000,- untuk menyaksikan theater. museum libur setiap hari senin.

No comments:

Post a Comment