Subscribe me

Wednesday, November 14, 2012

PENAMPUNGAN BENDA CAGAR BUDAYA

Tempat penampungan benda cagar budaya ini terletak di Mlati, Sleman, Yogyakarta. Benda- benda yang di tampung di tempat ini sangat inspiratif. Begitu memasuki lokasi, kita akan berfikir tentang sebuah kebudayaan dan peradaban di masa lampau.


Batu- batu yang dipahat dalam berbagai bentuk dan motif itu menjadikan sebuah bukti terhadap karya cipta nenek moyang di masa silam. Batu- batu yang terdapat di tempat ini antara lain berbentuk, lingga, yoni, arca sidharta Budha Gautama, peripih, kala, makara dan masih banyak lagi.
Mayoritas benda cagar budaya tersebut berbentuk lingga yoni. Batu lingga yang dibuat dengan bentuk batu yang memanjang yang diletakkan, tertancap di tengah batu yoni yang dibuat secara simbolik. Sangat berbeda dengan karya seni modern sekarang yang berbeda generasi, kebanyakan karya seni jaman dahulu adalah karya seni yang diekspresikan lewat simbol. Karya jaman dahulu di ejawantahkan dengan mempertimbangkan nilai etis dan estetika.
Menelaah karya seni masa lalu lewat benda- benda cagar budaya tersebut, akan hadir budaya dan peradaban nenek moyang negeri ini pada zaman dahulu. Budaya dan peradaban yang agung nan luhur yang dalam  bahasa simbol tetap lestari hingga kini.
Karena itulah, menyaksikan benda cagar budaya ini dapat memunculkan inspirasi untuk membuat karya seni yang artistik, sesuai dengan hakikat fungsi karya seni itu sendiri
Seni berguna untuk memperhalus perasaan. Jiwa yang jahat, kotor, serakah, semena- mena, kasar, akan terlunturkan sedikit demi sedikit dengan sapuan keindahan karya seni yang halus dan lembut. Kita dapat bersantau- santai duduk- duduk di tempat ini sambil melihat dan merenungkan bagaimana benda- benda tersebut dahulu kala di ciptakan. Kita berimajinansi dan menerawang, bagaimanakah nenek moyang kita menciptakan hasil karya itu dengan peralatan yang sangat sederhana di kala itu. Sangat indah apabila kita bisa merasakan dan merenungkannya langsung di tempat ini. 

No comments:

Post a Comment