Subscribe me

Wednesday, May 30, 2012

CANDI PRAMBANAN

Candi ini terletak di sebelah timur Yogyakarta, yaitu 16 km ke arah timur dari kota yogyakarta atau berada di sisi sebelah utara jalan yogya - solo, dan tepatnya berada di desa Karangasem Kecamatan Bokoharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. Letak candi secara administratif  yaitu diperbatasan antara Kabupaten Klaten (jawa tengah ) dan Kabupaten Sleman ( yogyakarta ).


Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di jawa tengah yang memiliki ketinggian sekitar 47m. Ketika Candi Prambana ditemukan, keadaan candi ini dalam keadaan runtuh dan hancur serta penuh dengan lumut diantara semak belukar. Oleh para ahli, candi ini dapat diuraikan menjadi beberapa bagian , diantaranya pada halaman pertama yaitu bagian yang paling sakral, terdapat 3 candi utama, 3 candi perwira, 2 candi apit, 4 candi kelir dan 4 candi sudut / patok.candi tersebut yang terdapat di halaman pertama telah berhasil di rekonstruksi, namun di halaman kedua masih sangat banyak candi yang belum dapat ter rekonstruksi, baru beberapa candi yang dapat ter rekonstruksi di halaman kedua ini. Jumlah candi pada halaman kedua ini dihitung oleh para ahli yaitu terdapat 224 candi. hingga saat ini masih dilakukan upaya untuk menyelesaikan candi di halaman kedua ( perwira ) lainnya.
Adapun beberapa candi yang telah berhasil diketahui ukurannya antara lain
  • Candi Siwa : memiliki luas 34 X 34 meter, dengan tinggi 47 meter
  • Candi Brahma : memiliki luas 20 X 20 meter, dengan tinggi 33 meter
  • Candi Wisnu : memiliki luas 20 X 20 meter dengan tinggi 33 meter
  • Candi Nandi : memiliki luas 16,71 X 15,21 meter dengan tinggi 27,06 meter
Harga tiket masuk Candi Prambanan untuk wisatawan lokal yaitu Rp 8.000,- dan untuk wisata mancanegara yaitu 10 Dollar. Candi Prambanan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

No comments:

Post a Comment