Subscribe me

Saturday, February 22, 2020

JEEP WISATA LAVA TOUR MERAPI

Dasyatnya Erupsi Merapi tahun 2010 yang sampai meluluh lantahkan hingga kurang lebih 15km di sekitaran sungai Gendol dan desa Cangkringan khususnya berdampak sangat buruk ketika itu, dimana, rumah- rumah, tempat usaha, hewan ternak dan jiwa manusia pun menjadi korban ke dasyatan erupsi merapi tahun 2010.




Namun setelah berjalan hingga 2012- 2013 ini, daerah yang terkena landaan erupsi merapi tahun 2010 ini, terutama daerah kaliadem, cangkringan, kini telah menjadi daya tarik wisata yang sangat menakjubkan. Hal ini merupakan langkah warga disana untuk bangkit kembali dari keterpurukan akibat erupsi 2010 lampau.
Sekarang ini, di area yang telah menjadi area terjangan erupsi merapi 2010, kini telah menjadi wisata adventure atau yang sering disebut dengan Lava Tour .
Lava Tour adalah wisata yang dimana kita ( wisatawan) menyewa jeep untuk menyusuri daerah yang terkena dampak erupsi 2010, kenapa menggunakan jeep? dikarenakan, apabila kita hanya menggunakan kendaraan pribadi, kita tidak bisa menyusuri daerah yang menjadi terjangan awan panas erupsi 2010 lampau. Kita akan dibawa dengan jeep menyusuri daerah dimana yang menjadi aliran lava / awan panas pada erupsi 2010, dan selain itu kita juga dibawa berputar- putar ke daerah yang ber jalan terjal dan melihat- lihat dampak erupsi yang masih tersisa, seperti puing- puing rumah, kumpulan kendaraan yang terkena awan panas dan kita pun menyusuri sekitaran sungai Gendol dimana sungai tersebut adalah sungai yang menjadi salah satu jalan/ aliran lava/ awan panas merapi 2010.


Sangat menarik dan menantang wisata lava tour di kaliadem ini. kita akan merasakan sensasi OFF ROAD menggunakan jeep dan sekaligus menikmati pemandangan yang jarang, bahkan tidak kita temui di daerah yang lain.
Untuk sewa Jeep, kita langsung dibawa meluncur ke area dampak erupsi merapi 2010 yang sekarang telah menjadi wisata adventure yang sangat menantang.
Sangat menantang dan menyenangkan bagi keluarga ataupun rombongan. Sangat cocok untuk mengisi acara liburan bahkan untuk kegiatan out bound ataupun yang lainnya.
Informasi dan pemesanan dapat sms atau menghubungi Wisnujati ( 087-838-557-150 ). paket mulai dari 350.000,-sampai dengan 550.000,- tergantung paket yang di inginkan. Dipastikan anda sangat puas bila menikmati wisata lava tour di kaliadem Yogyakarta Sleman .

Update lava tour sekarang akan lebih menantang, karena rute yang sekarang akan mendapati banyak tempat yang dapat menjadi sumber pengetahuan kita.
Rute wisata jeep ini dimulai dari  dusun Tangkisan, yaitu dimana daerah yang dahulu memiliki view yang sangat indah apabila kita melihat kota yogyakarta dari dusun ini, setelah itu kita akan mampir di tempat yang dinamakan Museum Mini sisa harta. Disini kita bisa melihat dan mengetahui dampak erupsi merapi 2010. Terdapat bangunan yang telah hancur terkena erupsi merapi dan didalamnya terdapat banyak barang- barang dampak dari erupsi merapi 2010,sehingga kita bisa membayangkan bertapa dasyatnya erupsi merapi 2010 setelah melihat foto- foto dan barang- barang yang terkena erupsi merapi.

Museum mini sisa harta

museum mini sisa harta

Selanjutnya kita akan menuju ke area batu Alien (alihan) dimana daerah ini sebelumnya adalah sebuah desa dengan beberapa rumah dan pekarangan peternakan sapi. Namun setelah erupsi terjadi, daerah ini telah rata seperti kaki gunung yang penuh dengan material erupsi merapi. Dan yang lebih menarik lagi, terdapat batu besar yang bisa tertancap disini, akibat dasyatnya aliran material, bukan tidak mungkin batuan besar ini bisa sampai ke daerah ini. Batuan tersebut disebut dengan Batu Alien

Batu alien
Selain itu, pemandangan didaerah ini juga sangat bagus, dimana kita tepat bisa memandang Gunung merapi yang sangat megah dan melihat- lihat area di sekitaran sungai Gendol yang merupakan sungai utama aliran erupsi merapi 2010 silam
area batu alien

area batu alien
Setelah kita mengunjungi area batu alien, kita melanjutkan perjalanan untuk ke tempat dimana area tersebut adalah area yang lebih dekat dengan pencak merapi. Yaitu Banker kaliadem. disini adalah area dimana erupsi di tahun 2006 telah menerjang daerah tersebut. dan mengubur Banker Kaliadem yang menelan 2 korban jiwa. disini adalah titik kumpul terahir seluruh jeep yang melakukan perjalana lava tour , jadi sangat ramai wisatawan dan juga terdapat warung- warung yang menjual souvenir khas merapi dan juga minuman hangat jahe khas merapi yang sangat nikmat untuk dinikmati di situasi alam lereng merapi

banker kaliadem
view merapi dari banker

view kota jogja dari banker


 Setelah kita di selesai di Banker, ahirnya kita melakukan perjalanan pulang melalui jalan yang hanya kendaraan jeep saja yang bisa melaluinya. Namun sebelum sampai ke tempat dimana kita start jalan- jalan , kita kembali melewati area sungai dan masuk ke sungai kuning tersebut. Kita diajak untuk melakukan pendinginan dengan bermain air di sungai tersebut. Seolah setelah kita berjalan- jalan menikmati terik alam, kemudian kita di dinginkan dengan air sungai yang sangat jernih karena langsung dari mata air merapi.

kali kuning

kali kuning

Sangat menarik bukan ?.. Pemesanan wisata lava tour bisa langsung menghubungi admin ke nomor telp yang tertera . Salam Wisata.



No comments:

Post a Comment