Subscribe me

Wednesday, November 28, 2012

MUSEUM TANI JAWA INDONESIA

 


  


Museum tani jawa ini digagas dan dirintis oleh Kristya Bintara, Lurah Desa Kebonagung, Inogiri Bantul, dan berdiri pada tanggal 26 September 2005. museum ini mulanya berada di rumah joglo milik Subandi, Dukuh Kanten. Akibat terjadinya Gempa, mulai tanggal 4 Mei 2007, Museum menempati tanah milik Sarjono/ Purwo wiyono di kampung wisata Candran, Kebonagung, Imogiri Bantul, dengan nama Museum Tani Jawa indonesia
Museum Tani Jawa Indonesia merupakan tempat menyimpan seluruh peralatan pertanian, baik tradisional maupun modern, dan budidaya tanaman pertanian tempo dulu ( tradisional ) hingga budidaya modern. Memiliki maksud memberitahu dan mewarisi tradisi tani.
Museum ini menyediakan wahana ( bagi pengunjung ) untuk benar- benar merasakan dan memahami, serta mewarisi nilai perjuangan, budaya dan tradisi tani dengan memberitahu dan melakukan praktik langsung di lahan pertanian.
Berbagai koleksi alat pertanian peninggalan masa mataram kuno dari para petani tempo dulu terdapat di museum ini, baik yang terbuat dari kayu maupun dari batu atau besi. antara lain koleksi tersebut diantaranya , luku/bajak, garu, grobak, cangkul, keranjang, lesung, lumping, sabit/arit, ani-ani, caping, wajan, cowek, gosrok dan genthong.
Menariknya museum ini memiliki agenda rutin setiap tiga bulan sekali mengadakan kegiatan baik itu perlombaan, pentas seni tradisi, maupun festival baik tradisional ataupun nasional. Bulan januari Museum ini mengadakan perlombaan tandur ( tanam ) padi tingkat daerah dan nasional. Lomba masakan tradisional diadakan pada bulan Maret, Mei tedapat perlombaan Pentas seni Tradisional dan Budaya,  festival memedi sawah diadakan pada bulan Juli, Pentas Seni Tradisi Tani diadakan pada bulan September, dan pada bulan November Museum menggelar perhelatan pameran hasil pangan.
Suasana kita ke museum ini akan disambut hamparan sawah dan suasana kehidupan desa yang damai, alam yang masih alami hijau juga menambah keindahan suasana. Disisni kita pun dapat sambil mencicipi masakan tradisional desa yang dijajakan, menarik bukan ?
Museum Tani Jawa Indonesia terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi pada hari senin hingga minggu pada pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB. atau dapat menghubungi Kristya Bintara di No. (0274) 7892762 atau  ( 0274) 7865311.