Subscribe me

Thursday, November 29, 2012

MUSEUM KERATON YOGYAKARTA



Keraton Yogyakarta berada di nol kilometer di jantung kota, kawasan malioboro. Suasana khas budaya jawa dengan "magnet" utama Keraton Kasultanan Ngayogyakarta terasa sangat kental di museum ini.
Museum Keraton ini mencakup beberapa museum yaitu, Museum Batik, Museum Pameran Lukisan dan Foto dan Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Museum Kereta, dan Museum Kristal yang menyimpan 1.562 buah. Museum Keraton ini dibuka setiap hari ( kecuali ada upacara khusus) dari pukul 08.30 sampai 14.00 WIB. hari jumat sampai jam 13.00 WIB. Tiket masuk museum ini Rp.5.000,- bagi wisatawan lokal, dan Rp.12.500,- bagi wisatawan mancanegara. Disini pengunjung juga dapat menyaksikan pagelaran macapat, kerawitan, wayang kulit, atau wayang orang di Bangsal Sri Manganti, sekitar pukul 10.00 - 12.00.
Bagian di dalam museum ini antara lain

1. Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX
disini berisi benda koleksi peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, antara lain, meja tulis, cindera mata, foto, berbagai macam penghargaan berupa medali, tanda jasa, dan surat keputusan presiden RI tentang penganugerahan pahlawan nasional untuk Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Juga terdapat mobil-mobilan Sri Sultan Hamengkubuwono IX ketika masih kecil, peralatan memasak, bumbu dapur, baju dan beberapa benda sejenisnya.

2. Museum Batik Keraton Yogyakarta Hadiningrat
diresmikannya museum ini pada tanggal 31 Oktober 2005 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Di bagian museum ini terdapat koleksi kain batik, patung, lukisan, topeng batik, foto-foto, bahan pewarna dan perangkat membatik, dan sepeda turun temurun untuk mengangkut batik. Koleksi batik yang dipamerkan merupakan hibah dari trah Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan IX serta hibah dari pengusaha batik di jogja.

3. Museum Kereta
terletak di jalan Rotowijayan. Didalamnya menyimpan Koleksi Kereta kuda milik Keraton Kesultanan Yogyakarta. museum kereta ini dirintis sejak pemerintahan Kesultanan Sri Sultan Hamengkubuwono VII. koleksi kerata diantaranya masih ada yang digunakan dalam upacara kebesaran Keraton. salah satu kereta yang diperlakukan khusus adalah kereta Nyai Jimat.

4. Museum Kristal
menyimpan koleksi kristal dan terbagi dalam dua ruangan. Ruang pertama berisi pot bunga dari keramik peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII, jam, meja, lampu duduk, berbagai macam guci, lampu listrik, dan hiasan meja dari bahan keramik. Ruang kedua berisi gelas-gelas kristal, tempat buah, tempat keju dan selai dari kristal polos, hiasan meja, pot bunga, guci, jam ber kerangka marmer, perlengkapan kamar mandi,  tempat sayur dari porselen, pipa rokok, tempat permen, tempat make up, kaca rias dari bahan kuningan.

apabila anda ingin berkunjung ke MUseum Keraton, anda dapat menghubungi (0274) 378307 untuk contac person atau dapat langsung ke Keraton Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment